- Profil Lulusan
Berdasarkan evaluasi kurikulum dan tracer study, profil lulusan Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam dirumuskan dalam tabel 1. Profil Alumni Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2018.
No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | TENAGA ADMINISTRASI PENDIDIKAN | Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai tenaga administrasi pendidikan pada PAUD, sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan Diniyah) dan instansi pemerintah/swasta dan bidang Pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas, dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian |
PL2 | ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang manajemen pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
PL3 | ASISTEN KONSULTAN PENDIDIKAN | Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten konsultan Pendidikan pada PAUD, Sekolah/Madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan Diniyah) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas, dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian |
2. Perumusan CPL
Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Umum dan Khusus) yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Rumusan Sikap dan Keterampilan Umum mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-PT). Rumusan Keterampilan Khusus dan Pengetahuan dirumuskan dan disepakati oleh Asosiasi Profesi Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Saat ini Prodi MPI terasosiasi ke Permapendis Indonesia.
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
Sikap (S) | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai-nilai dalam kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi terhadap peningkatan mutu kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta terhadap tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama serta memiliki kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Ketrampilan Umum (KU) | |
KU1 | Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori manajemen pendidikan Islam di sekolah maupun di luar sekolah |
KU2 | Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik |
KU3 | Menguasai teori/model pembelajaran untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai perkembangan peserta didik. |
KU4 | Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu manajemen pendidikan Islam dan ilmu-ilmu lain yang terkait |
KU5 | Mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang ilmu manajemen pendidikan Islam. |
KU6 | Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori manajemen pendidikan Islam serta penerapannya secara fleksibel |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian perkerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
Ketrampilan Khusus (KK) | |
KKI | Mampu menampilkan kepemimpinan manajerial pendidikan dalam bidang tugas-tugas manajemen pendidikan Islam secara professional |
KK2 | Memiliki keterampilan dalam pengambilan keputusan (decision making) |
KK3 | Memiliki kemampuan mengelola informasi melalui pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen (SIM) |
KK4 | Memiliki keterampilan berkomunikasi (communication skilll) secara efektif dalam layanan pendidikan |
KK5 | Mampu bekerjasama dalam melakukan problem solving pada aspek layanan manajemen pendidikan |
KK6 | Memiliki keterampilan supervisi akademik dan manajerial |
KK7 | Memiliki komitmen kerja yang baik |
Pengetahuan (P) | |
P1 | Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi |
P2 | Memiliki pengetahuan terkait dengan cara mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) |
P3 | Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik). |
P4 | Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik |
P5 | Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatanlil ‘alamin. |
P6 | Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigma keilmuan |
P7 | Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global. |
P8 | Memiliki kemampuan toleransi keagamaan (Tasamuh) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara |