slot gacor https://sister.upi-yai.ac.id/slot-gacor-terpercaya/ http://diklatpelaut.stipjakarta.ac.id/app/webroot/files/slot-gacor/ https://sakip.bulelengkab.go.id/images/gallery/slot-dana/ http://indoagropedia.pertanian.go.id/uploads/togel-online/ https://www.appi.or.id/slot-gacor-habanero/ https://sibunda.kuburayakab.go.id/-/rtp-live-slot/ https://lppm.unigal.ac.id/togel-online/ https://corona.lamandaukab.go.id/slot-gacor-terpercaya/ https://bulukumba.bawaslu.go.id/halaman/slot-gacor/ https://pontianak.bawaslu.go.id/slot-gacor-2023/ https://baritotimur.bawaslu.go.id/layout/slot-deposit-pulsa/ https://makassar.bawaslu.go.id/slot-deposit-dana/ https://bulukumba.bawaslu.go.id/halaman/sbobet/ https://bimakota.bawaslu.go.id/-/judi-online/ https://minahasa.bawaslu.go.id/judi-bola/ https://registrasi.kki.go.id/casino-online/ https://revolusimental.go.id/temp/data-sgp-togel-online/ https://patrakomala.disbudpar.bandung.go.id/document/slot-togel-4d/ https://sister.upi-yai.ac.id/slot-deposit-pulsa/ https://patrakomala.disbudpar.bandung.go.id/document/slot-deposit-pulsa/ https://peluktandadiri.tanahdatar.go.id/togel/ https://revolusimental.go.id/temp/slot-gacor-terpercaya/ https://jdih.bulelengkab.go.id/uploads/slot-deposit-pulsa/ https://sister.upi-yai.ac.id/slot-dana/ https://wadul.pacitankab.go.id/api/situs-slot-gacor/
Visi, Misi, Tujuan & Strategi Program Studi – MPI UNSIKA

Visi, Misi, Tujuan & Strategi Program Studi

  • Visi

Visi Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Unsika yaitu:

“Menjadi Program Studi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia unggul dan Kompeten dalam mengelola Manajemen Pendidikan Islam di Tingkat Nasional Tahun 2024″

Indikator Visi :

  1. Unggul dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan tata nilai, tata kerja, wewenang dan tanggung jawab dalam mengimplementasikan proses pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang memiliki daya saing di bidang Manajemen Pendidikan Islam di tingkat nasional.
  2. Dosen memiliki keunggulan prestasi dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.
  3. Tenaga Kependidikan memiliki keunggulan prestasi dalam pengelolaan, pelayanan dan pelaporan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Mahasiswa memiliki kemampuan prestasi akademik dan non akademik serta lulus sesuai waktu.
  5. Kompeten memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas yang dilandasi  atas pengetahuan dan keterampilan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh profesi tersebut
  6. Dosen memiliki kompetensi akademik, profesionalitas, sosial dan kerpibadian dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi baik soft skill maupun hard skill.
  7. Tenaga Kependidikan memiliki kompetensi tata kelola administrasi berbasis IT.
  8. Mahasiswa memiliki kompetensi sesuai dengan KKNI dan CPL untuk setiap pencapaian akademik baik soft skill maupun hard skill.

Kekhasan Prodi memiliki distingsi atau kekhasan minimal pada level nasional. Keunikan tersebut terealisasi dari kelulusan yang berbasis kurikulum KKNI, pengembangan SDM dan kompetensi tenaga kependidikan profesional dimana diharapkan para lulusan memiliki daya saing di level nasional pada Tahun 2026.

  • Misi

Guna merealisasikan Visi tersebut, Prodi MPI Fakultas Agama Islam Unsika menetapkan Misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pembelajaran dan pendidikan Strata Satu (S.1) Manajemen Pendidikan Islam dengan menekankan pada kajian manajemen pendidikan secara professional dan inovatif guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan, memiliki daya saing dan berakhlak mulia.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang Manajemen Pendidikan Islam yang berdaya saing dan menunjung tinggi integritas keilmuan.
  3. Mengembangkan sinergitas program pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis sumber daya lokal untuk mendukung pemberdayaan dan pembangunan daerah.
  4. Menjalin kerja sama kemitraan untuk pengembangan akademik
  5. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran di bidang Manajemen Pendidikan Islam berdasarkan kajian manajemen pendidikan yang profesional dan inovatif, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan, dan daya saing serta berakhlak mulia.
  6. Menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki loyalitas yang tinggi dan bertanggungjawab terhadap Manajemen Pendidikan Islam.
  7. Terlaksananya peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang manajemen Pendidikan Islam yang berdaya saing dan menunjung tinggi integritas keilmuan.
  8. Terlaksananya sinergisitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis sumber daya lokal antara dunia akademik dengan Pemerintah Daerah untuk mendukung pemberdayaan dan pembangunan daerah.
  9. Menghasilkan kerjasama kemitraan dengan berbagai komponen, baik internal maupun eksternal untuk pengembangan akademik.
  • Strategi

Pencapaian strategi Prodi Manajemen Pendidikan Islam dilakukan dalam periode Tahun 2022 – 2026, melalui tahapan pencapaian sebagai berikut:

  1. Pencapaian sasaran poin 1 dilakukan melalui:
    • Mengembangkan Manajemen Pendidikan dengan prinsip penjaminan mutu seperti: Lokakarya, akreditasi dan evaluasi kegiatan.
    • Revisi kurikulum setiap 4 tahun.
    • Monitoring kegiatan perkuliahan.
  2. Pencapaian sasaran poin 2 dilakukan melalui:
    • Interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa dalam setiap pertemuan dalam kurun selama 14 kali pertemuan
    • Peninjauan RPS secara berkala minimal 2 tahun sekali, sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS).
    • Terselenggaranya pembelajaran yang bisa meningkatkan pola pikir yang kritis serta internalisasi keunggulan lokal dan nasional.
    • Terselenggaranya proses perkuliahan yang dilakukan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pencapaian sasaran poin 3 dilakukan melalui:
    • Membekali mahasiswa dengan kegiatan praktikum pengembangan Soft Skill.
    • Membekali mahasiswa dengan pengetahuan Hard Skill untuk mempersiapkan memasuki dunia kerja melalui kegiatan program PPL yang bekerjasama dengan institusi, baik pemerintah maupun swasta.
    • Melakukan pemutakhiran kurikulum yang mengikuti perkembangan keilmuan, maupun tuntutan dunia kerja.
    • Membuka hubungan kerjasama dengan berbagai pihak
  4. Pencapaian sasaran poin 4 dilakukan melalui:
    • Mengintensifkan kegiatan bimbingan mahasiswa, baik bimbingan akademik, maupun bimbingan konseling
    • Melakukan kegiatan perkuliahan berdasarkan pada prinsip nilai-nilai, norma dan hukum yang tersusun secara komprehensif.
    • Memberikan bobot yang memadai untuk distingsi pada kurikulum Manajemen Pendidikan Islam.
    • Melaksanakan perkuliahan dalam bentuk seminar sekurang-kurangnya 4 kali selama menjadi mahasiswa.
    • Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, baik yang sifatnya personal, unggulan prodi maupun lintas fakultas.
  5. Pencapaian sasaran poin 5 dilakukan melalui:
    • Menyelenggarakan kegiatan promosi buku ajar untuk meningkatkan kuantitas penyebaran buku dan kepakaran dosen.
    • Menyelenggarakan pendampingan penulisan buku ajar dari program studi, reviewer dan penerbit.
    • Memberikan insentif penerbitan buku ajar.
  6. Pencapaian sasaran poin 6 dilakukan melalui:
    • Menyelenggarakan pendampingan penulisan jurnal dari Prodi.
    • Mengintensifkan kegiatan dosen dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sifatnya bersaing, baik internal maupun dari Kemenristek Dikti dan mandiri.
  7. Pencapaian sasaran poin 7 dilakukan melalui:
    • Menjalin hubungan kerjasama dengan mitra dan pembentukan MoU untuk kegiatan Prodi.
    • Mengembangkan jejaring kerjasama dengan mitra baru.